About the Journal

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Kalam

Current Issue

Vol. 1 No. 2 (2022): Menuju Smart Society
					View Vol. 1 No. 2 (2022): Menuju Smart Society

Pada Volume 1 No. 2  Jurnal ini ditandai dengan perubahan nama yang semula adalah jurnal Abdimas Kalam menjadi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Kalam. Semua itu atas masukkan dari panitia pengajuan dan pembuatan ISSN (Internasional Standar Serial Number) dari LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Perubahan nama jurnal tidak menyurutkan semangat tim redaksi untuk memberikan yang terbaik pada sidang pembacanya. Untuk kemudian jurnal ini akan disingkat dengan sebutan Jurnal Kalam. Jurnal ini memang diperuntukkan sebagai sarana untuk berkomunikasi antar penggagas dan pelaksana Pengabdian kepada Masyarakat diharapkan bisa dijadikan rujukan atau referensi bagi semua pihak yang memerlukan.

Jurnal Volume 1 No. 2 ini tema yang diangkat adalah “Menuju Smart Society 5.0”, yang didalamnya masih berisi tentang masyarakat digital di era jejaring internet yang ada dan kompetensi yang harus dimiliki. Apa saja yang sudah diberikan dan sumbangsih besar berbagai pihak baik dari pihak kampus atau bukan untuk pengembangan pengabdian masyarakat yang ada. Diharapkan masyarakat sudah terbiasa dalam memasuki dunia digital dalam kehidupannya dari informasi yang diberikan oleh jurnal ini.

Jurnal Kalam ini pertama berisi artikel tulisan Andri Faisal dan Dade Maulana Machdun tentang “Motivasi Menabung Pada Remaja Masjid Hifzhul Amanah, Jakarta,” yang berupaya menyosialisasikan sikap dan perilaku menabung pada anak-anak menyambut era digital. Artikel kedua adalah tulisan Hery Muljono, Somariah Fitriani dan Fetrimen tentang “Workshop Pengelolaan Arsip Berbasis Elektronik di Lembaga Pendidikan Non formal,” artikel ini membahas pengelolaan detail tentang arsip berbasis elektronik yang sangat penting bagi masyarakat digital kelak. Artikel ketiga tulisan dari Wildan Wahid Hasim yang membicarakan tentang “Pejuang Muda Manifestasi Gerakan Pengabdian oleh Mahasiswa Dalam Pengembangan Potensi Desa Ngreco,” di sini dijelaskan bagaimana metode runtun untuk dalam membangun desa dengan serius.

Artikel keempat adalah tulisan artikel dari Selvy M. Widuhung, Achmad Haikal, Rawit Sartika dan Haryo Windratno tentang “Pelatihan Teknik Pengambilan Gambar Melalui Smartphone Pada Karang Taruna RT 04, Mustikajaya Bekasi,” berisi tentang bagaimana pengambilan gambar yang presisi untuk pembuatan laman atau media sosial yang ada. Artikel kelima adalah tulisan dari Rahmatullah Pratama, Dike Rama Putra dan Widia Firta tentang “Tata Cara Pelaporan SPT Tahunan Menggunakan E-FORM (Studi Kasus: Guru-Guru di Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat),” tulisan yang sangat membantu dalam pelaporan pajak berbasis elektronik berbantuan gawai jejaring internet untuk para guru di sekolah.

Artikel keenam adalah tulisan dari Kampono ImamYulianto, Devvy Noveliza, Mayasari, Dias Adi Darma, Shinta Apriliani, Fitria Sholehah, Rizki Amelia tentang  “Pembuatan Laporan Keuangan Berdasarkan SAK EMKM Pada UMKM Eat More – Rumah Pohon, Jagakarsa,” lebih memberikan pelatihan bagaimana cara membuat laporan keuangan untuk UMKM yang efektif dan efisien. Artikel ketujuh adalah tulisan dari Namira Adha, Dyah Utari, dan Fandita Tonyka. M tentang “Pencegahan Hipertensi Melalui Edukasi di Sungai Bangkong, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat,” berisi tentang tahapan 3 kegiatan yaitu; analisis situasi, intervensi dan evaluasi dalam penerapan program pencegahan. Selanjutnya artikel ke delapan tulisan dari Mohammad Kotib dan Prince Charles Heston Runtunuwu tentang “Penyuluhan Ekonomi Kreatif Tentang Permodalan dan Strategi Pemasaran Pada UMKM Salsabila Kelurahan Sasa Ternate” yang berisi tentang problematik pengembangan UMKM menyoal manajemen, produksi, pemasaran,  dan  pembiayaan.

Artikel kesembilan adalah tulisan dari Iga Dewi Purnamawati, Siti Nurhayati tentang “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Perkembangan Psikososial Remaja,” tulisan berisi tentang penyuluhan untuk menambah pengetahuan remaja dalam menghadapi kondisi pandemi Covid 19 dan mengatasi stres selama pandemi untuk melanjutkan perkembangan remaja secara sehat dan normal. Artikel terakhir yang kesepuluh adalah tulisan dari Anwar Basalamah,  Sri Fajar Ayuningsih, Ahmad Junaedi Abas, Antonius Adi dan Budi Riyanto, tentang “Penguatan Kapasitas Guru SMK Melalui Implementasi Model  Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL),” tulisan yang berisi kapasitas guru dalam menerapkan berbagai model dan metode pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan kompetensi siswa baik soft skills maupun hard skills merupakan suatu keharusan.

Published: 2022-07-13

Articles

View All Issues

Flag Counter